Skip to main content

Cara Mudah Menambah Partisi Hard Disk di Windows 10, 8.1, dan 7

Cara Menambah Partisi Hard Disk di Windows 10, 8.1, dan 7 -- Ada banyak alasan mengapa Anda ingin menambah partisi hard drive komputer Anda. Alasan paling umum adalah untuk menjaga file Anda jika PC Anda gagal untuk boot karena satu alasan atau yang lain. Dalam hal ini, mungkin diperlukan instalasi yang bersih dari sistem operasi dan kemungkinan partisi dari partisi tempat booting OS. Baca juga: Cara Menghapus Windows.old di Windows 10.

Cara Partisi Hard Disk di Windows 10, 8.1, dan 7

Untungnya, dengan versi Windows terbaru, partisi hard disk telah menjadi hal yang sederhana dan cepat untuk dilakukan. Cukup ikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini untuk mempartisi hard disk Anda.

Cara Partisi Windows 10, 8,1 dan 7 Via Windows Disk Management

Opsi ini adalah cara termudah untuk mempartisi hard disk. Windows Disk Management bawaan Windows. Disk Management sangat mampu menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Meskipun ada aplikasi pihak ketiga lainnya dengan sedikit tambahan fitur, pada akhirnya, Anda hanya ingin hard disk dipartisi. Baca juga: Cara Mengganti Wallpaper di Windows 10.

Langkah yang dijelaskan di bawah ini terutama untuk Windows 10, tetapi masih berlaku jika Anda menggunakan Windows 7 atau 8.1.

# 1 - Buka kotak pencarian Windows dan ketik ‘Disk Management’ dan klik 'Creat dan Create and format hard disk partitions' dari hasil yang muncul. Anda juga dapat menggunakan alat ‘power user’ Windows (dengan menekan Start + X) dan kemudian memilih ‘Disk Management’.

# 2 - Selanjutnya, Anda akan disajikan dengan daftar hard drive yang tersedia di PC Anda. Pilih salah satu yang ingin Anda partisi. Jika drive baru, Anda harus melompat ke Langkah 4 di bawah ini. Tetapi jika itu adalah drive yang sudah ada dengan file, folder dan mungkin OS sudah tersimpan di dalamnya. Anda harus membuat ruang yang tidak terisi sebelum Anda dapat melanjutkan untuk melakukan partisi. Anda harus mengklik kanan pada hard disk dan memilih ‘shrink volume’ dari menu drop-down yang akan muncul.

# 3 - PC kemudian akan mulai menghitung seberapa banyak ruang kosong yang dapat dialokasikan ke partisi baru. Setelah menyelesaikan perhitungan, ia akan menanyakan berapa banyak ruang yang ingin Anda gunakan. Jika Anda ingin menggunakan semua ruang kosong yang tersedia di hard disk, cukup klik tombol ‘Shrink’. Jika tidak, tentukan berapa banyak ukuran yang ingin Anda gunakan (dalam megabytes) sebelum mengklik tombol 'Shrink'.

Proses shrink partisi hard drive baru Anda dapat berjalan hingga satu menit tergantung pada kecepatan drive itu sendiri. Ketika selesai, Anda akan melihat ruang 'unallocated' baru di sebelah drive fisik yang sesuai di bagian bawah layar Disk Management.

# 4 - Sekarang, klik kanan pada ruang 'Unallocated' yang baru dan kemudian pilih 'New Simple Volume' dari menu yang dihasilkan.

# 5 - Dari sini, yang harus Anda lakukan adalah mengikuti instruksi di layar dan kemudian pilih ukuran volume. Pengaturan standar akan menggunakan semua ruang yang tidak terisi. Anda juga harus memberikan huruf pada drive.

# 6 - Sebagai aturan praktis, selalu memformat drive baru dan lama saat Anda membuat partisi baru. Ketika opsi untuk pemformatan muncul, untuk 'file system' pilih 'NTFS.' Opsi lain untuk ‘exFAT’ biasanya digunakan untuk perangkat portabel.

# 7 - Anda harus mengklik tombol ‘Next’ sampai akhirnya Anda mencapai ‘Finish’ pada titik mana volume baru telah dibuat. Pada tahap ini, hard drive Anda akan memiliki partisi baru, lengkap dengan peruntukannya sendiri. Ini juga akan muncul di bawah halaman Disk Management.

Sekian penjelasan sangat singkat mengenai cara partisi Hard Drive Windows 10, 8.1 dan 7. Semoga saja bermanfaat. Baca juga: Cara Menghilangkan Pemberitahuan Resmi di Coreldraw X8.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar