Skip to main content

6 Masalah Utama di ASUS Zenfone 5Z dan Solusinya

Masalah Utama di ASUS Zenfone 5Z -- Asus terkenal untuk gadget aneh karena memproduksi berbagai macam produk. Sejak memulai perangkat berbasis Android, semua pecinta Android mulai melihat peluncuran produknya. Asus Zenfone 2 Laser dan Asus Zenfone Max telah menjadi populer segera setelah rilis karena spesifikasi yang sangat padat. Bahkan kini sudah muncul ASUS Zenfone Max Pro M1 yang juga siap meramaikan pasar. Baca juga: Cara Screenshot ASUS 5Z dan 5 Lite.

masalah umum di ASUS Zenfone 5Z

Smartphone ASUS Zenfone 5Z dirilis beberapa minggu yang lalu, dan masih merupakan perangkat utama untuk sebagian besar pengguna. Smartphone 6,2 inci full HD+ ini hadir dengan Android Oreo. Tetapi karena memang sudah memakai OS termuatkhir meski demikian tetap saja tidak luput dari masalah. Admin telah mengumpulkan beberapa keluhan dari para penggunanya dan jadi admin melakukan beberapa rangkuman pada saat yang sama dan menyelesaikan masalah tersebut. Di sini, Anda akan melihat masalah besar yang dihadapi perangkat dan solusinya.

Masalah Yang Sering Terjadi di ASUS Zenfone 5Z dan Cara Mengatasinya

Sebelum pembahasan secara spesifik mengenai masalah di ASUS Zenfone 5z kali ini dieksplorasi maka admin akan menyebutkan masalah umum di ASUS Zenfone 5Z yang sering terjadi misalnya Baterai boros, cepat panas, Lag, Wifi, MicroSD, Kualitas kamera rendah, dan masih banyak lagi. Baca juga: Trik Fitur Tersembunyi di ASUS Zenfone Max Pro M1.

Masalah ASUS Zenfone 5Z Boros Baterai

Masalah - Banyak pengguna melaporkan tentang masa pakai baterai yang boros di handset mereka, dan admin mengategorikan ini sebagai masalah yang sangat umum dengan semua perangkat Android. Meskipun smartphone Asus Zenfone 5Z hadir dengan baterai 3.300 mAh, tampaknya ada masalah dengan baterai yang boros. Jadi, dengan mengambil beberapa tindakan pencegahan, Anda dapat menyelesaikan masalah ini dengan cepat.

Solusi - Selalu ingat untuk mematikan koneksi WiFi, Bluetooth, dan paket data setiap kali tidak digunakan karena koneksi ini akan menghabiskan daya baterai lebih cepat. Selain itu, gunakan pengisi daya baterai asli untuk mengisi daya perangkat karena pengisi daya duplikat akan segera memboroskan baterai. Jangan pernah memasang aplikasi yang menguras baterai dan jika mereka menginstalnya, uninstal mereka untuk meningkatkan masa pakai baterai.

Masalah ASUS Zenfone 5Z Cepat Panas

Masalah - Beberapa pengguna melaporkan tentang masalah ASUS Zenfone 5Z cepat panas pada perangkat mereka. Karena ini, terkadang telepon dapat membeku. Jadi, untuk menghindarinya, pengguna perlu melakukan tugas tertentu.

Solusi - Jangan gunakan handset saat dicolokkan untuk mengisi daya dan coba keluarkan casing saat mengisi daya perangkat. Jika masalah terus berlanjut, periksa semua aplikasi dari pengelola aplikasi Anda. Ada kemungkinan bahwa beberapa aplikasi dapat menyebabkan masalah cepat panas dengan memuat prosesor secara berlebihan. Jadi, periksa aplikasi mana yang menggunakan lebih banyak prosesor dan coba copot pemasangannya.

Juga, hindari Widget dan Wallpaper Live dari perangkat karena ini akan memuat prosesor secara berlebihan dan dapat menyebabkan masalah cepat panas. Copot aplikasi yang tidak perlu dan simpan perangkat dengan aman.

Masalah ASUS Zenfone 5Z Sering Lag

Masalah - Hampir semua pengguna melaporkan tentang masalah lag di handset mereka, dan tampaknya ini menjadi masalah umum lainnya di perangkat Android. Biasanya, perangkat mengalami lag dalam kinerja setelah beberapa bulan penggunaan tetapi dengan melakukan tugas-tugas tertentu, kita dapat mempercepat telepon untuk kinerja yang lebih baik

Solusi - Untuk menghindari masalah lag, hal pertama dan terpenting yang dapat Anda lakukan adalah mematikan animasinya. Untuk itu, Anda perlu mengaktifkan opsi pengembang perangkat, dan itu dapat dilakukan dengan mengetuk beberapa kali pada ‘Build Number’ di bawah ‘Pengaturan> Tentang> Informasi Perangkat Lunak’. Setelah diaktifkan, Anda dapat melihat opsi di bawah pengaturan perangkat Anda. Buka dan gulir ke bawah untuk menemukan pengaturan animasi di mana mereka menunjuk ke 1X secara default. Sekarang, matikan atau kurangi menjadi 0,5X untuk meningkatkan kinerja perangkat.

Selain itu, hapus cache yang disimpan di aplikasi dengan membuka setiap aplikasi dari manajer aplikasi dan dengan mengetuk tombol ‘Hapus Cache’. Jika masalah lagging masih ada, coba hapus cache perangkat. Untuk itu, Anda perlu mematikan ponsel dan masuk ke mode recovery. Tekan dan tahan tombol volume naik dan power pada saat bersamaan setelah mematikan telepon. Lepaskan tombol segera setelah Anda melihat menu dan menggunakan tombol volume turun dan power, pilih dan konfirmasikan tombol ‘Recovery’. Sekarang, pilih ‘Wipe Cache Partition’ dan setelah selesai, pilih dan konfirmasikan ‘Reboot System Now.’ Sekarang, masalah lagging seharusnya telah teratasi dan jika tidak Anda dapat mencoba factory reset sebagai pilihan terakhir.

Factory Reset akan menghapus semua yang ada di ponsel Anda dan jadi ambil cadangan data sebelum melanjutkan lebih jauh. Matikan telepon dan masuk ke mode recovery seperti dijelaskan di atas. Dalam ‘Recovery’ Anda harus memilih dan mengkonfirmasi ‘wipe data/factory reset’ dan ‘Yes – delete all user data’ menggunakan volume dan tombol daya. Setelah selesai, pilih ‘Reboot the System Now’. Cara lain untuk melakukan pabrik disetel ulang dengan mengetuk pada ‘Pengaturan> backup & Reset> Factory Data> Reset Telepon> Hapus semua’ lalu ikuti petunjuk pada layar. Itu saja; Anda telah menyelesaikan pengembalian ke setelan pabrik, dan sekarang Anda akan memiliki perangkat baru di tangan Anda dengan peningkatan kinerja.

Masalah Koneksi WiFi di ASUS Zenfone 5Z Yang Lemot

Masalah - Sebagian besar pengguna mengeluh tentang masalah koneksi Wi-Fi di handset mereka. Dan ini dapat diatasi dengan melakukan beberapa latihan.

Solusi - Setiap kali Anda mengalami masalah dengan Wi-Fi, coba nyalakan ulang perangkat satu kali dan periksa koneksi. Ini dapat mengatasi masalah dan jika masalah masih ada, periksa router Wi-Fi sekali karena dapat menyebabkan masalah. Jika semuanya baik-baik saja dan Anda masih tidak dapat terhubung ke Wi-Fi kemudian pergi ke 'Pengaturan> Wi-Fi' dan pilih 'lupakan jaringan' di server Anda yang terhubung dan kemudian hubungkan kembali sama. Sekarang, masalah Wi-Fi seharusnya sudah diselesaikan.

Masalah Micro SDCard Tidak Dikenali di ASUS Zenfone 5Z

Masalah - Setelah menggunakan perangkat selama beberapa bulan, beberapa pengguna melaporkan bahwa mereka menerima notifikasi 'microSD card reinserted' di telepon. Nah, ini bisa menjadi masalah sementara, tetapi jika diabaikan, Anda tidak dapat menggunakan konten kartu SD.

Solusi - Untuk mengatasi masalah ini, lepaskan kartu SD dari perangkat dan periksa slot kartu SD dengan benar. Sekarang, Masukkan kembali kartu ke dalamnya dengan hati-hati tanpa salah penempatan. Sekarang, notifikasi harus dihentikan. Beberapa pengguna menyatakan bahwa mereka menerima pemberitahuan ini setelah menginstal aplikasi tertentu. Jadi, Anda perlu mencopot pemasangan aplikasi semacam itu dari perangkat untuk menyelesaikan masalah. Selain itu, coba hapus cache aplikasi secara berkala dengan membuka setiap aplikasi dari pengelola aplikasi dan dengan mengetuk tombol ‘Hapus Cache’.

Masalah Kualitas Kamera Jelek di ASUS Zenfone 5Z

Masalah - Beberapa pengguna melaporkan bahwa mereka mendapatkan gambar berkualitas sangat rendah kapan pun kamera digunakan. Admin tidak dapat mengganti kamera, tetapi admin dapat mencoba alternatif untuk menyelesaikan masalah. Tapi ingat itu, dengan solusi di bawah ini Anda hanya dapat melihat sedikit perubahan dalam kualitas gambar.

Solusi - Asus Zenfone 5Z hadir dengan kamera belakang 12 MP dan kamera depan 8 MP. Untuk mendapatkan gambar berkualitas dari kamera stok Anda, Anda dapat pergi untuk kamera pihak ketiga yang dapat tersedia di play store. Coba gunakan aplikasi kamera terbaik karena dapat membantu Anda mendapatkan gambar berkualitas. Tetapi berhati-hatilah saat memasang aplikasi kamera pihak ketiga karena beberapa dapat menyebabkan masalah. Jadi, carilah aplikasi kamera terbaik dan dapatkan di ponsel Anda. Namun jika ternyata kualitas hasil jepretan karena kurangnya pencahayaan silahkan Anda tangkap di area yang cukup cahaya.

Beberapa Tips Lainnya

Selain masalah dan solusi yang disebutkan di atas, Anda dapat mengambil beberapa tindakan pencegahan untuk menghindari masalah masa depan pada perangkat. Selalu diperbarui dengan perangkat lunak terbaru yang dirilis oleh pabrikan. Anda dapat memeriksa pembaruan perangkat lunak di bawah ‘Pengaturan> Tentang> Pembaruan Sistem.’ Pembaruan perangkat lunak akan memperbaiki kesalahan kecil pada perangkat dan membantu meningkatkan kinerja.

Setiap kali Anda melihat fungsi abnormal di telepon, cobalah untuk memulai ulang perangkat. Selain itu, nonaktifkan aplikasi yang telah dipasang sebelumnya dari perangkat sehingga dapat mengurangi risiko masalah lainnya. Hapus cache aplikasi secara teratur dari perangkat dan kurangi penggunaan Wallpaper Animasi dan Widget. Dengan melakukan ini, Anda dapat mengatur untuk mencegah masalah apa pun di telepon.

Sekian informasi mengenai masalah umum di ASUS Zenfone 5z. Semoga saja Anda bisa mengatasi semua masalah ini dikemudian hari. Baca juga: 11 Trik Fitur Tersembunyi di ASUS Zenfone 5Z.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar